Ternyata Gus Dur menyesali ucapannya yang menyamakan DPR dengan Taman Kanak Kanak


Tentu kita masih ingat saat perseteruan antara Presiden Gus Dur dengan para anggota DPR. Sehingga karena perseteruan tersebut Gus Dur berucap dan menyamakan bahwa anggota Dewan tak ubahnya Taman Kanak - kanak. Namun belakangan diketahui Gus Dur ternyata menyesali pernyataannya tersebut. Apa Sebabnya? 



Almarhum Mantan Presiden Gus Dur dalam suatu kesempatan pernah menyesal dan merasa berdosa karena menyebut tingkah laku para anggota DPR seperti taman kanak-kanak. Kisah ini diceritakan kembali KH Maman Imanulhaq Faqieh didalam buku Fatwa dan Canda Gus Dur. Cerita tersebut berawal pada saat KH Maman dan Gus Dur berbincang santai di sebuah  Masjid di samping rumah Gus Dur di Ciganjur Jakarta Selatan. Pada saat itulah Gus Dur mengucapkan dengan lirih "Saya menyesal menyamakan DPR dengan Taman Kanak - Kanak". Saat itu pula KH Maman spontan mengajukan pertanyaan "Kenapa Gus? Apa karena DPR itu lembaga negara?"

Gus Dur kemudian menjawab "Bukan itu, karena saya berdosa telah meremehkan anak-anak yang masih suci, cerdas kreatif dan mereka saya bandingkan dengan anggota DPR yang kotor dan kreatif mencari celah untuk mencari uang, " jela Gus Dur.

Jawaban ini sangat mengejutkan Kiai Maman. Gus Dur kemudian memberi tausiyah panjang tentang bagaimana peranan anak - anak dalam membentuk peradaban suatu bangsa. Menurut Gus Dur , anak anak adalah harapan dan masa depan bangsa Indonesia, oleh karena itu dalam khazanah keilmuan Islam, anak - anak sangat dimuliakan. Karena hal itulah Gus Dur di kemudian hari menyesal karena telah menyamakan anggota DPR dengan Taman  Kanak - Kanak.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Ternyata Gus Dur menyesali ucapannya yang menyamakan DPR dengan Taman Kanak Kanak"

  1. Dapatkan Bonus Freechip Deposit Via OVOpay Indonesia!
    Proses Cepat, Praktis, Tidak Ada Jam Offline
    Syarat & Ketentuan Bonus Berlaku Untuk Semua User ID Di Bolavita
    Ayo Gabung Bersama Bolavita Di Website www. bolavita .site
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    BBM: BOLAVITA
    WA: +628122222995

    ReplyDelete
  2. Ijin Post Yahh
    Tunggu Apalagi Segera Daftar dan Depositkan Segera Di E D E N P O K E R . X Y Z
    - Minimal Deposit 15.000
    - Bonus New Member 10.000
    - Bonus Next Deposit 5%
    - Bonus Rollingan 0,5%
    - Bonus Refferal 10% (Seumur Hidup)
    REAL PLAYER VS PLAYER !!!

    ReplyDelete